Berbagai Kemudahan dalam Memesan Tiket Kereta Api
Ada banyak jalan menuju Roma, itulah kalimat yang pantas untuk artikel kali ini. Disini saya akan berbagi informasi yang mungkin bermanfaat buat anda, khususnya bagi anda yang sering bepergian ke luar kota menggunakan moda transprotasi Kereta Api yang di miliki oleh PT. KAI (Persero).
Masih ingat beberapa tahun lalu, begitu sulitnya untuk mendapatkan tiket Kereta Api. Bahkan kerap kali penderitaan saya ditambah dengan adanya calo tiket yang bertebaran di area stasiun Kereta Api.
Namun seiring perkembangan teknologi serta perhatian dari pemerintah, kini kesusahan yang saya alami sudah bisa dikatakan tidak pernah lagi terjadi. Lantaran itu karena perubahan besar-besaran pada sistem reservasi/pemesanan tiket Kereta Api Indonesia.
Andapun dapat melakukan pemesanan tiket KAI (Kereta Api Indonesia) tanpa harus mendatangi stasiun kereta keberangkatan. Karena sistem reservasi kali ini bisa dilakukan dengan 17 cara yang tentunya sangat mudah, fleksible dan tak banyak buang waktu.
Apa saja 17 cara mudah memesan tiket Kereta Api tersebut? Berikut adalah ulasan saya yang saya kutip dari sumber terpercaya PT KAI (Persero);
1. Pemesanan/Pembelian melalui Online (Internet)
Cara pemesanan tiket KAI ini bisa anda lakukan dengan mengunjung website resmi PT KAI (Persero) yang beralamatkan di www.kereta-api.co.id. Bahkan dengan metode ini anda bisa memesan tiket KAI 90hari (3bulan) sebelum hari keberangkatan.
Untuk pembayarannya, dapat dilakukan melalui internet banking, ATM, Kredit Card, Alfamart/Indomart serta mendatangi langsung ke Stasiun mana saja maksimal 2 hari sebelum keberangkatan.
2. Pemesanan/Pembelian melalui Rail Card & Rail Box
Layanan ini merupakan inovasi yang dilakukan oleh PT KAI yaitu dengan menghadirkan kartu prepaid sebagai pengganti uang tunai untuk dapat digunakan dalam pembelian tiket Kereta Api. Cara mendapatkannya cukup mudah yaitu mendatangi kantor BNI baik cabang maupun pusat, selain itu anda bisa mendatangi Customer Service di stasiun KA dengn biaya Rp. 20.000,- untuk kartu perdana setelah itu anda bisa mengisi ulang (Top Up) hingga Rp. 1.000.000,- melalui ATM BNI.
Biasanya Rail Box bisa anda temukan di stasiun KA, Mall, serta beberapa perkantoran besar.
3. Pemesanan/Pembelian melalui Call Center 121
Sistem ini juga bisa jadi alternatif untuk membeli/pemesanan tiket Kereta Api. Yang perlua anda lakukan cukup mudah yaitu melakukan panggilan ke 121 (untuk telepon rumah) dan 021-121 (untuk telepon genggam). Setelah melakukan pemesanan, anda akan mendapatkan kode booking yang selanjutnya bisa anda bayarkan melalui ATM, Internet Bangkin maupun Kredit Card serta mendatangi Alfamart/Indomart terdekat.
4. Pemesanan/Pembelian melalui Rail Agent
Rail Agent adalah badan usaha /perusahaan yang berbadan hukum yang mewakili PT.Kereta Api Indonesia (Persero) dalam memasarkan, mempromosikan, dan melayani pemesanan karcis di daerah tertentu.
Rail Agent juga bisa dikatakan sebagai Agent tiket cabang yang berada diluar stasiun Kereta Api. Untuk melakukan pemesanan/pembelian melalui Rail Agent anda harus mendatangi lokasi Rail Agent resmi yang telah resmi mewakili PT Kerea Api Indonesia serta telah berbadan hukum. Anda bisa menemukan Rail Agent resmi dengan mengujungi halaman ini.
5. Pemesanan/Pembelian melalui Mobile Ticketing Online
Layanan ini tergolong masih baru, yaitu inovasi layanan pemesanan/pembelian dengan memanfaatkan mobil (Bergerak). Mobil tersebut telah dimodifikasi secara khusus untuk melani pembelian/pemesanan tiket Kereta Api.
Namun sayang layanan Mobile Ticketing Online masih terbatas dan tersedia untuk Daop 1 Jakarta, Daop 3 Cirebon, Daop 4 Semarang dan Daop 5 Purwokerto. Untuk Daop lainya akan diluncurkan menyusul.
6. Pemesanan/Pembelian melalui Stasiun Online
Layanan ini tergolong masih lama, yaitu anda membeli/memesan tiket kereta api dengan mendatangi stasiun Kereta Api terdekat.
7. Pemesanan/Pembelian melalui PadiTrain
PadiTrain adalah aplikasi reservasi dan pembayaran tiket kereta Api secara mobile. Aplikasi ini telah terintegrasi langsung dengan PT Kereta Api Indonesia selaku penyedia jasa angkutan kereta api. Pengguna smartphone Blackberry dan Android bisa men-download aplikasi ini di www.paditrain.com/portal/download.php
8. Pemesanan/Pembelian melalui PT. Pos Indonesia
Jika domisili anda jauh dari stasiun namun dekat dengan kantor PT. Pos Indonesia, mungkin cara ini sangat bermanfaat buat anda. Anda dapat melakukan pemesanan/pembelian dengan mendatangi kantor Pos Indonesia terdekat. Syartanya cukup mudah yaitu dengan membawa KTP atau kartu identitas lainnya.
9. Pemesanan/Pembelian melalui Drive Thru
DRIVE THRU adalah Layanan tambahan bagi pengguna jasa berupa layanan pemesanan tiket dalam kendaraan, sehingga pembelian tiket yang menggunakan kendaraan mobil tidak perlu parkir ataupun turun dari kendaraan terlebih dahulu untuk membeli tiket kereta api, cukup masuk ke dalam jalur drive thru dan petugas loket akan melayani dengan cepat.
Untuk saat ini layanan tiket Drive Thru telah tersedia di Statsiun Gambir, Cirebon, Semarang Tawang dan segera menyusul di Surabaya serta kota-kota lain.
10. Pemesanan/Pembelian melalui Gerai Indomaret
11. Pemesanan/Pembelian melalui Gerai Alfamart
12. Pemesanan/Pembelian melalui Citos
PT.Kereta Api Indonesia (Persero) bekerjasama dengan PT.CITOS memberikan kemudahan kepada pelanggan kereta api untuk melakukan reservasi tiket Kereta Api secara online di mana anda berada
13. Pemesanan/Pembelian melalui Fastpay
Anda dapat mendatangi gerai-gerai Fastpay yang ada di dekat domisili anda untuk melakukan pemesanan/pembelian tiket Kereta Api
14. Pemesanan/Pembelian melalui Tiket.Com
Selain melalui website resmi PT KAI (Persero) anda juga dapat memesan/membeli melalui website yang telah bermitra yaitu Tiket.Com. Sistem pembayarannya relatif sama.
15. Pemesanan/Pembelian melalui Aero Ticket
Aero Ticket merupakan unit bisnis yang menyediakan berbagai tiket transporasi baik udara, darat maupun laut. PT KAI juga telah menjalin kerjasama dengan Aero Ticket untuk memudahkan anda dalam melakukan pemesanan/pembelian tiket Kereta Api.
16. Pemesanan/Pembelian melalui PPOB – Bank BRI
Untuk memperluas jaringan penjualan tiket KA, saat ini Loket-loket Payment Point Online Bank (PPOB) BRI – Delaprasta di seluruh Indonesia dapat melayani pemesanan dan pembelian tiket kereta api kelas Eksekutif, Bisnis, dan Ekonomi.
17. Pemesanan/Pembelian melalui FinChannel
FinChannel adalah salah satu layanan One Stop Payment Online dan reservasi tiket KA dan Pesawat yang beroperasi selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu untuk melakukan transaksi apa saja. Dengan FinChannel Anda dapat mengirim uang kesemua account bank, kejutaan pengguna Hape di Indonesia dan melakukan pembayaran apa pun
Demikianlah cara mudah yang bisa anda gunakan untuk melakukan pemesanan atau pembelian tiket Kereta Api Indonesia. Layanan tersebut kemungkinan akan terus bertambah seiring dengan perkembangan teknologi serta kebutuhan masyarakat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar